Tim EFQR Lanal Nunukan Gagalkan Penyelundupan Narkoba dari Tawau Malaysia

Tim EFQR Lanal Nunukan Gagalkan Penyelundupan Narkoba dari Tawau Malaysia


TerasKreasi.com
Tim EFQR Lanal Nunukan

NUNUKAN - Pada hari Selasa, 27 Februari 2018 Pukul 06.55 Wita Tim EFQR Lanal Nunukan Pos TNI AL Seipancang menangkap Narkoba jenis Sabu Sabu sebanyak 6 Ball, berat total berat 297 Gram .

Kronologis sbb ; Pukul 06.55 Wita 1 unit Speed boad bahan fiber, mesin mopel 85 PK dg motoris alias Antok beserta 2 ABK Speed dan 3 org penumpang jenis kelamin laki2, semua Warga Indonesia. Speedboad yg tiba dari Tawau Malaysia lansung ke Pos Penjagaan Posal SeiPancang untuk melaksanakan pemeriksaan dokumen dan barang penumpang lintas batas.

Anggota Divisi Jaga Posal Seipancang a.n. Koptu Tlg Arief Sugiharto, dlm rangka _counter attack teroris_ dari Tawau Malaysia ke Sebatik dengan sigap melaksanakan pemeriksaan rutin terhadap penumpang dan barang bawaan di atas speed lintas batas dari Tawau Malaysia ke Pulau Sebatik.

Pada saat dilaksanakan pemeriksaan barang penumpang, salah satu penumpang minta ijin kencing ke Pos, ternyata penumpang tsb melarikan diri menggunakan sepeda motor divisi jaga yg sedang memeriksa barang diatas speed, melihat penumpang tsb lari dg motor berikut Kopda Arief cepat dan sigap melaksanakan pengejaran dg lari karena kondisi tdk ada motor lagi di lokasi Pos Penjagaan,

Berikut Kopda Arief meminjam motor milik anggota PSDKP yg ada di Pos untuk mengejar Pelaku, namun motor di temukan terparkir di Mercusuar Seipancang yg berjarak +_ 2 KM dari TKP

 Kopda Arief, yang mekakukan terus pengejaran neamun pelaku sdh tidak ada lagi,  dan akhirnya Kopda Arief kembali ke TKP dan kembali melakukan pemeriksaan pada speed dan didapat Barang Bukti didalam tas orang yg melarikan diri sbb :

a. 6 Ball Narkoba jenis Sabu sabu dlm bungkus plastik bening.

 b. 1 HP merk samsung android duos

c. 1 Hp nokia 105

d. 1 hp samsung lipat rusak

e. 1 Cas hp dan alat colokan cas.

f. 1 Reksona

g. 1 odol + sikat gigi

h. Uang Malaysia 1 RM 30 Sen

i. Uang Indonesia Rp. 4.000.

j. 1 tas pinggang kecil, mrek the north face, warna kombinasi abu dan merah.

k.1 tas punggang, warna hitam kombinasi orange, mrek JJ.

l. 1 Baju kemeja warna putih.

m. 1 Celana dalam warna coklat.

n. Phas photo berwarna Pelaku yg melarikan diri ukuran 2x3.

Pukul 07.15 Wita Barang Bukti di amankan di Posal Seipancang dan Tim EFQR melaksanakan koordinasi awal dg Pos Pasintel Satgas Pamtas TNI AD, Danki Satgas Marinir Ambalat, Polsek Sebatik Timur serta Kasatnarkoba Polres Nunukan dan Apitel Wilayah yg ada di Kab. Nunukan untuk melaksanakan penyekatan di Pelabuhan2 tikus diwilayah Sebatik dan swepping terhadap Pelaku yg melarikan diri dg ciri2, warna kulit sawo matang, gigi ompong, kaos oblong warna putih, sesuai di Photo terlampir.

Berikut Tim EFQR Lanal Nunukan bersama Personel Reskrim Polsek Sebatik Timur melaksanakan pemeriksaan awal terhadap Motoris,

Penangkap dan saksi lain yg ada di speed melanjutkan pemeriksaan BB dan penimbangan BB Narkoba jenis sabu sabu dg jumlah 6 Ball dan berat 297 Gram.

Pukul 10.45 Wita Tim EFQR Lanal Nunukan dan Personel Reskrim Polsek Sebatik melaksanakan investigasi kejadian awal pemeriksaan speed s.d. pelaku melarikan diri dan motor yg di gunakan pelaku melarikan diri s.d. lokasi penemuan motor yg dibawa lari oleh Pelaku. Pukul 11.30 Wita Pemeriksaan dan Investigasi lokasi penangkapan selesai,

Saat ini Barang Bukti di amankan di bawa ke Lanal Nunukan dan melaksanakan koordinasi dg Polsek Sebatik dan Satnarkoba Polres Nunukan untuk dilaksanakan pendalaman guna menemukan Pelaku yg melarikan diri.

Hasil penangkapan tersebut berkat Dedikasi yg tinggi dan Loyalitas Prajurit TNI AL dlm menjaga wilayah perairan Kab. Nunukan terbebas dari penyeludupan Narkoba dari negara tetangga,

"saya yakin ini merupakan Sindikat yg terkoordinir dan saya juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari semua pihak yg telah membantu dan Warga sendiri dg sadar membawa penumpang untuk di periksa oleh personel jaga Pos walaupun pelaku bisa meloloskan diri, dan saya sadar dg keterbasan personel yg ada di Pos sehingga masih kurang maksimal, namun semangat merah putih tidak akan padam.," ucap Danlanal Nunukan

Dirinya juga berharap Mudah mudah Pelaku bisa di tangkap, dan kedepan  laut kita bebas dari penyeludupan barang ilegal tersebut dan menginstruksikan pada anggotanya agar ditingkatkan lagi dari tingkat di lapangan sinerginitas dari semua komponen TNI Polri, BNN dan Instansi pemerintah yg ada di Kab.Nunukan demi menyelamatkan generasi muda Indonesia.

"ingat perang Assimetris sudah di mulai, untuk itu mari kita rapatkan barisan berkomitmen berperang untuk melawan. "ungkap Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Ari Aryono, S.E. kompirmasi via handpone (*Riady-Aiyub-GZB)

Tag:    hukum  |  


BERITA TERKAIT

Contoh Iklan

TULIS KOMENTAR

Top