Olahan Buah Semangka dan Melon Rekor MURI Kedua Kabupaten Nunukan.

Olahan Buah Semangka dan Melon Rekor MURI Kedua Kabupaten Nunukan.


TerasKreasi.com
Kebersamaan Dalam Pecahkan Rekor MURI Yang Kedua Bagi Kabupaten Nunukan

NUNUKAN – Selamat dan sukses buat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Nunukan provinsi Kalimantan Utara dalam mencatatkan diri pada Museum Rekor Indonesia (MURI) akhirnya berhasil ditorehkan, dengan memecahkan rekor muri kategori penyajian olahan berbasis buah semangka dan melon terbanyak di Indonesia yang jumlahnya mencapai 18.528 mangkok serta dihidangkan dalam beraneka ragam minuman jus, es buah, sop buah, salad dan fly yang berbahan baku semangka dan melon yang dilangsungkan di Stadion Sei Bilal Nunukan, Minggu (25/2/2018) pagi.

Kegiatan pemecahan rekor MURI tersebut diikuti sebanyak 772 tim, dalam setiap tim terdiri dari 3 orang peserta, sehingga jumlah seluruh peserta sebanyak 2.316 orang.

Masing-masing masing tim mengolah buah semangka dan melon menjadi olahan jus dan es buah sebanyak 24 mangkok setiap timnya, sehingga rekor muri dapat terpecehkan tembus mencapai 18.528 mangkok.

"Alhamdulillah dengan partispasi dari masyarakat yang sangat antusias, sehingga rekor muri dapat dipecahkan di kabupaten Nunukan penyajian olahan buah semangka dan melon terbanyak," ujar Senior Manager MURI Republik Indonesia Awan Rahargo saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Nunukan Asmin Laura.

Dikatakannya, sebelumnya Kabupaten Nunukan juga pernah berhasil memecahkan rekor muri pengibaran bendera merah putih terpanjang yang digelar di Sungai Pancang Pulau Sebatik kabupaten Nunukan 2017 silam, sehingga rekor olahan buah semangka dan melon ini merupakan rekor yang kedua bagi kabupaten Nunukan.

Eko Budi Santoso selaku Ketua Panitia mengatakan, pelaksanaan rekor muri tersebut dalam menyambut peringatan hari gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 28 Februari.

"Antusias masyarakat dan petani menyiapkan sebanyak 8 ton buah semangka, dan 5 ton buah melon yang disiapkan kepada 772 tim yang ikut berpartisipasi dalam pemecahan rekor muri, mulai dari kalangan pelajar hingga masyarakat umum," tuturnya.

Dirinya juga berharap melalui kegiatan ini dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi petani Nunukan, sejalan dengan program pemerintah kabupaten Nunukan mengembangkan agrobisnis dan agroindustri.

Sementara itu Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan Hubungan Media Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Nunukan, Asnawi SE mengatakan bahwa tujuan kegiatan itu sebagai bentuk apresiasi Pemkab Nunukan kepada petani buah-buahan di daerah itu.

Produk buah-buahan khususnya melon dan semangka telah menembus pangsa pasar regional di Provinsi Kalimantan Utara berkat ketekunan masyarakat setempat membudidayakan kedua jenis buah-buahan ini.

Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid SE MM yang hadir dalam kegiatan tersebut mengajak seluruh masyarakat di daerah itu untuk berpartisipasi dalam perlombaan tersebut dengan target mendapatkan rekor MURI.

"Mari kita mendukung petani kita, agar hasil pertanian kita meningkat seperti Semangka dan melon ini. Manfaatkan lahan yang ada agar produktivitas lahan itu bisa meningkat. Sejalan dengan misi pemerintah Kabupaten Nunukan dalam mengembangkan agrobisnis dan agroindustri , "Ajak Laura.

Meskipun diadakan diruang terbuka dan melawan sengatan matahari diawali dengan pelepasan balon merupakan suatu tanda bahwa dimana peserta mulai melakukan pengolahan makanan berbasis semangka dan melon telah dimulai dengan waktu hanya 45 menit saja. Pada saat hitungan detik terakhir peserta tidak diperkenankan mengolah makanan yang ada diatas meja.

Peserta harus meninggalkan meja dan yang tersisa hanya mangkok yang berisi hasil olahan. Dan saatnya pula tim dari juri untuk menilai rasa dan penyajian peserta rekor muri.

Sambil menunggu hasil penilaian dari tim juri peserta dan masyarakat dipersilahkan untuk mencicipi hasil olahan yang ada di atas meja.

Diakhir kegiatan, penyerahan hadiah kepada pemenang peserta rekor muri sekaligus kepada Tim SMA Negeri 1 Nunukan selaku juara umum (*Riady-GZB)

Tag:    kuliner  |  


BERITA TERKAIT

Contoh Iklan

TULIS KOMENTAR

Top