Gudang Farmasi Kaltara Siap Difungsikan
Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Gudang Farmasi Kaltara Siap Difungsikan


TerasKreasi.com
Gudang Farmasi Pemprov Kaltara Siap Diresmikan

TANJUNG SELOR - Geliat Pemerintah Provinsi Kaltara untuk terus meningkatkan layanan terhadap kesehatan masyarakatnya semakin dibuktikan hal ini sejalan dengan rencana Pemprov Kaltara meresmikan penggunaan gudang Farmasi yang rampung pembangunannya di akhir tahun 2017 lalu.

Gubernur Kalimantan Utara, DR Ir H. Irianto Lambrie MM mengatakan , mulai tahun 2018 ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sudah memiliki Gudang Farmasi, sebagai tempat penyimpanan buffer stock atau persediaan obat-obatan untuk Provinsi Kalimantan Utara. Kita tak perlu khawatir lagi dengan kekurangan obat-obatan. Karena stok obat-obatan akan selalu tersedia di Gudang Farmasi yang sudah selesai pembangunannya pada akhir 2017 lalu. Gudang farmasi milik Provinsi yang kita bangun melalui APBD 2017 senilai Rp 5,3 miliar ini, nantinya juga berfungsi sebagai buffer stock. Artinya, gudang ini menampung persediaan obat yang dibutuhkan kabupaten/kota di Kaltara

“Kita tidak perlu ragu lagi mengenai ketersediaan obat-obatan, kedepan kita siapkan segala jenis obat sebagaimana kebutuhan kita selama ini. Jadi begitu dibutuhkan kita sudah siap,” kata mantan Sekprov Kalimantan Timur ini.

Dikatakannya, Selain bangunan utama dua lantai, di areal Gudang farmasi yang berada di Jalan Trans Kalimantan Kilometer (KM) 2, Tanjung Selor ini, juga dilengkapi dengan sarana perumahan untuk petugas, serta fasilitas lainnya. Kebutuhan akan kesehatan sangat penting. Begitu pun dengan obat-obatan. Makanya sangat perlu ada gudang farmasi yang bisa menampung persediaan obat-obatan. Baik untuk saat darurat, maupun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan obat-obatan.

Guna menambah stok obat, tahun ini selain melalui APBD, Pemprov Kaltara melalui dinas kesehatan juga mengusulkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menambah persediaan.

“Selain mengalokasikan anggaran di APBD Kita juga sudah usulkan ke Kemenkes RI tambahan persediaan obat-obatan,” tambah Irianto.

Tak hanya untuk menyimpan obat-obatan, gudang ini juga telah dilengkapi dengan 6 (enam) buah kulkas pendingin atau freezer untuk menyimpan berbagai jenis vaksin.

Masih menurutnya, gudang farmasi ini akan segera diresmikan dalam waktu dekat sehingga segera mungkin difungsikan. Dirinya juga mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatannya, hal ini tentu dimulai dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sehingga hal-hal yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dapat dicegah dan diminimalisir sedini mungkin.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kita harus tanamkan hal ini pada diri kita masing-masing,” tutupnya. (ADV-GZB27)

Tag:    kesehatan  |  sekitar-kita  |  


BERITA TERKAIT

Contoh Iklan

TULIS KOMENTAR

Top