KEMARIN DICANANGKAN, HARI INI PUSKESMAS MULAI BERGERAK LAKSANAKAN PANKESIA

KEMARIN DICANANGKAN, HARI INI PUSKESMAS MULAI BERGERAK LAKSANAKAN PANKESIA


TerasKreasi.com
Puskesmas - puskesmas bersama unsur pemerintah Kecamatan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Nunukan mulai bergerak melakukan surveilans Aktif dari desa ke desa.

WARTA HUMAS - Setelah dicanangkan oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Program PANKESIA (Pantau Kesehatan Lansia) dengan mengunjungi Keluarga Lansia di wilayah kerja Puskesmas Sedadap Kecamatan Nunukan Selatan kemarin, Senin (11/05/2020) maka mulai hari ini Puskesmas - puskesmas bersama unsur pemerintah Kecamatan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Nunukan mulai bergerak melakukan surveilans Aktif dari desa ke desa.

Sebagai contoh hari ini, Selasa (12/05/2020) Puskesmas Sanur bersama unsur pemerintah Kecamatan Tulin Onsoi, Babinsa, Bhabinkantibmas, Pendamping lokal desa, Satpol PP, dan Kepala Desa mulai melakukan pemantauan terhadap warga Lansia di wilayahnya.

" Hari ini kita mulai dari Desa Semunad, kita memantau kesehatan kepada tiga warga", ujar Camat Tulin Onsoi Kristoforus.

Selanjutnya, menurut Kristoforus kegiatan akan berlanjut mengikuti jadwal yang telah disusun oleh Puskesmas Sanur berdasarkan data Lansia yang ada di wilayah Kecamatan Tulin Onsoi.

Kepala Puskesmas Sanur dr. Saifuddin Noor menambahkan saat ini telah disusun jadwal pemantauan untuk 12 desa yang ada di Kecamatan Tulin Onsoi

" Besok kita akan lanjutkan sesuai jadwal, kita siapkan semua, untuk yang dicurigai ISPA dan Pneumonia kita akan rapid, stok kita ada dan siap", ujar dr. Saifuddin.

Sementara itu dalam jumpa pers hari ini, Selasa (12/05/2020) di Posko Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid - 19, Juru Bicara Tim Satgas Covid - 19 Aris Suyono membenarkan bahwa setelah dicanangkan, beberapa puskesmas dan pihak kecamatan di wilayah Kabupaten Nunukan telah memulai program PANKESIA ini.

Menurut Aris, berdasarkan laporan yang masuk kepada Tim Gugus per hari ini beberapa Kecamatan yang telah memulai antara lain Kecamatan Sebuku bersama Puskesmas Pembeliangan, Kecamatan Sembakung bersama Puskesmas Atap, Kecamatan Lumbis bersama Puskesmas Mansalong, Kecamatan Sebatik Timur bersama Puskesmas Sungai Nyamuk, Kecamatan Tulin Onsoi bersama Puskesmas Sanur, dan Kecamatan Nunukan bersama Puskesmas Nunukan Timur.

Lebih lanjut Aris menyampaikan bahwa kegiatan PANKESIA ini akan selesai dalam waktu 2 bulan. Kegiatan PANKESIA ini adalah salah satu strategi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Kab. Nunukan untuk memberikan perlindungan terhadap Lansia yang rentan terhadap persebaran Covid - 19.

Adapun bentuk pemantauan dan perlindungan terhadap Lansia ini diwujudkan dalam kegiatan kunjungan, edukasi, monitoring diri dan pemberian multivitamin, dan dilakukan rapid test bagi Lansia yang memiliki gejala laksana ISPA. (Humas)

 

Tag:    kesehatan  |  


BERITA TERKAIT

Contoh Iklan

TULIS KOMENTAR

Top