CEGAH CORONA, WAKIL KETUA DPRD NUNUKAN MINTA BUPATI LIBURKAN SEKOLAH

CEGAH CORONA, WAKIL KETUA DPRD NUNUKAN MINTA BUPATI LIBURKAN SEKOLAH


TerasKreasi.com
Wakil Ketua DPRD Nunukan, Burhanuddin SHi,MM

NUNUKAN - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nunukan Burhanuddin Shi,MM meminta Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid, SE,MM  segera mengambil kebijakan meliburkan siswa sekolah.

Ia mengatakan, kebijakan itu perlu diambil untuk mencegah menyebarnya virus corona (Covid-19). Virus corona, menurutnya, masalah yang sangat serius. “Sudah ada beberapa daerah mengambil langkah pencegahan merebaknya Virus Covid 19 ini dengan meliburkan sekolah,” katanya kepada portalkaltara.com, Selasa (16/3/2020).

Dirinya mengaku, sudah ada beberapa orangtua menguhubunginya dan memintanya menyampaikan kekhawatiran akan nasib anaknya jika tidak segera diliburkan sementara.

“Mereka khawatir, wabah corona ini membahayakan jika tidak dari awal diantisipasi. Presiden RI juga telah memberikan intruksi bahwa pemerintah daerah diberikan kewenangan seluas-luasnya mengambil kebijakan soal corona. Sebab Kepala daerah yang paling tahu kondisi daerahnya masing-masing,” katanya.

Apalagi, menurut Burhanuddin, saat ini Kabupaten Nunukan di perbatasan merupakan jalur utama perlintasan antara dua negara (Tawau Malaysia-Nunukan). Terakhir info yang didapat bahwa terdapat sembilan orang suspect virus corona di Tawau.

Nunukan, menurutnya, jangan dianggap aman-aman saja dari corona. Ditambah dengan sudah adanya  2 orang terindikasi corona, dan dalam pengawasan pihak RSUD Nunukan, untuk memastikan negatif atau positif terpapar Covid 19.

Pasien yang mengidap corona juga tidak dapat diketahui dengan cepat karena memiliki masa inkubasi. Bisa saja ada orang yang balik dari luar negeri (Tawau) misalkan ke kabupaten Nunukan sehat saja, beberapa hari kemudian baru ketahuan mengidap corona.

Ia menyambut baik langkah Bupati yang telah melakukan rapat koordinasi untuk mengambil tindakan penanganan corona. Salah satunya dengan mengeluarkan Surat Edaran dan Intruksi Bupati, namun demikian dirinya tetap berharap Bupati segera mengambil langkah selanjutnya dengan meliburkan sekolah.

“Persoalannya di sekolah semakin terbuka peluang penyebaran corona, ruang untuk penyebaran virus itu ada di sekolah-sekolah,” katanya.

Dia mengatakan ruang virus bisa menyebar saat siswa berkumpul bersama, melakukan kegiatan ekstrakurikuler, dan lainnya. Jadi hanya bukan di lokal saat belajar saja. Bisa juga saat berkumpul di kegiatan ekstrakurikuler.

“Kita berharap Bupati cepat tanggap. Jangan tunggu dulu ada yang positif baru ada tindakan. Terlambat nanti. Saya kira proses meliburkan sekolah itu wajar saja, setelah kita melihat situasi dan kekhawatiran kita saat ini . Harus ada proteksi dan ada langkah-langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi persoalan ini. Jangan nanti terlambat, dan yang kena akibatnya adalah masyarakat kita sendiri. Namun begitu, langkah apapun yang diambil Bupati akan kita dukung," katanya lagi.

Burhanuddin juga mengingatkan warga menjauhi lokasi keramaian. Warga juga diimbau mematuhi arahan dari pemerintah demi mencegah Corona.

"Prinsipnya bahwa salah satu pencegahan virus corona itu menghindari titik-titik keramaian. Kita perlu mendengarkan pihak-pihak yang mempunyai kapasitas terhadap situasi tersebut," jelasnya.

Kendati demikian, dia memuji langkah Asmin Laura hafid membatasi kegiatan yang menghadirkan kerumunan massa.

 "Ya kita apresiasi bupati membatasi kegiatan-kegiatan yang menghadirkan kerumunan massa karena itu bagian dari empati terhadap situasi penyebaran virus corona, Kita juga akan meminta Pemkab segera melakukan upaya antisipasi di setiap pintu masuk menuju Nunukan dengan mengerahkan petugas yang disertai alat pengecekan suhu tubuh dan mengadakan pos lingkungan di setiap desa," ujar Politisi PKS ini.

Menyikapi hal itu, Bupati  mengaku telah mengistruksikan Sekda dan Kadisdik Nunukan guna menindaklanjuti meliburkan anak sekolah tingkat SD dan PAUD mulai besok 18 s/d 31 Maret 2020 dan untuk SMP dimulai setelah berakhirnya ujian,

“Saya Sudah instruksikan kepada Sekda/Kadisdik untuk menindaklanjuti meliburkan anak sekolah mulai TK/PAUD, SD, dan SMP,” kata Asmin Laura Hafid. ***** Gzb
 

 

Tag:    kesehatan  |  


BERITA TERKAIT

Contoh Iklan

TULIS KOMENTAR

Top