PN Tanjung Karang Lampung Vonis Pelaku Phishing Website LPJKN 1 Tahun Penjara

PN Tanjung Karang Lampung Vonis Pelaku Phishing Website LPJKN 1 Tahun Penjara


TerasKreasi.com
GAMBAR - Ilustarsi hACKER

Bandar Lampung – Dua terdakwa tindak pidana cyberterkait phishing (pengelabuhan)situs resmi LPJK Nasional, Sdr. MWRdan Sdr. HFP  hari ini, Rabu, (17/10/2018) divonis 1 (satu) tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Tanjung Karang, Bandar Lampung.

Kasus ini berawal dari laporan pemilik Sertifikat Keahlian (SKA) di provinsi Papua,bahwa SKA yang ia miliki tidak terdaftar dan tidak tayang di halaman website resmi LPJKN, yakni www.lpjk.net. Namunketika ia melakukan proses scanning QR Codeyang tertera padasertifikat SKA yang dimiliki, datajustru munculdi halamanwww.lpjjk.net.

Para pelaku Sdr. MWRdan Sdr. HFPyang berdomisili di daerah Lampung (Pringsewu)telah ditahan oleh Direktorat CyberBareskrim MABESPOLRI sejak Maret 2018. Hasil penyidikan yang sudah lengkap dari Mabes POLRI dilimpahkan ke Kejaksaan Agung RI, Unit Tindak Pidana Umum pada 11 Juli 2018 dan dinyatakan P21.

Kejaksaan Agung melimpahkan perkara dimaksud melalui Pengadilan Negeri (PN) Lampung dan mulai disidangkan pada awal Agustus 2018. Setelah mendengarkan keterangan para Saksi dan juga Terdakwa, maka para Terdakwa dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) penjara kurungan 1(satu) tahun 6 (enam) bulan. Pada tanggal 17 Oktober 2018 telah diputuskan dalam sidang di PN Lampung bahwa Terdakwa Sdr. MWRdan Sdr. HFPdivonis hukuman 1 (satu) tahun penjara kurungan. Dalam hal ini, JPU maupun para Terdakwa menyatakan pikir-pikir terhadap putusan tersebut. [*SDSLawFirm*]

Tag:    hukum  |  sekitar-kita  |  teknologi  |  


BERITA TERKAIT

Contoh Iklan

TULIS KOMENTAR

Top