Kusta dan Frambusia, Penyakit Kulit Tropis yang Terabaikan

Kusta dan Frambusia, Penyakit Kulit Tropis yang Terabaikan


TerasKreasi.com
Sosialisasi Dan Pelatihan Singkat Kegiatan Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta Frambusia di hotel Fortune, Jumat (11/5).

Dalam rangka memperkenalkan lebih spesifik tentang apa dan bagaimana penyakit kusta dan frambusia, Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan mengadakan Pertemuan Advokasi, Sosialisasi Dan Pelatihan Singkat Kegiatan Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta Frambusia di hotel Fortune, Jumat (11/5).

Hadir narasumber dari Kementerian Kesehatan RI, dr. Alfinella Izhar Iswandi, Mph, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Nunukan, Kepala BidangP2P (Pengawasan Pemberantasan Penyakit), kepala puskesmas, dokter fungsional, petugas Kesra dan frambusia, camat, OPD lintas sektoral dan unsur masyarakat.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Meinstar Tololiu. Dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka pencapaian target global untuk menurunkan angka prevalensi kurang dari 1/10.000 penduduk, merupakan indikator kesehatan untuk mengurangi angka kesakitan dan kecacatan yang ditimbulkan. Kabupaten Nunukan pada tahun 2017 ditemukan 24 kasus kusta. Pencarian kasus Kusta Frambusia sedini mungkin melalui kampanye eliminasi Kusta Eridikasi Frambusia diharapkan mampu menurunkan angka temuan dari tahun sebelumnya.

Angka temuan kasus di tahun 2017 sebanyak 24 kasus yang mana kasus tersebar di wilayah Seimanggaris, Sembakung, Sebuku dan hampir di seluruh wilayah pulau sebatik. Kasus kusta yang ditemukan tergolong sedang. Oleh karenanya, pihak dinas kesehatan berupaya untuk menemukan lebih banyak kasus kusta dan frambusia di kabupaten Nunukan.

Sedangkan Kepala Bidang P2P ( Pengawasan Pemberantasan Penyakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan dalam sambutannya mengatakan kampanye kusta dan eradikasi frambusia adalah suatu sarana untuk mengatasi masalah sosial di masyarakat dengan kecacatan yang ditimbulkan, pencarian kasus secara berlanjut dan berkesinambungan akan memutuskan mata rantai penularan pada keluarga dan masyarakat sekitar.

Dukungan dari semua pihak yang terkait sangat diharapkan, baik dari lintas program maupun lintas sektoral agar kampanye eliminasi kusta dan eradikasi frambusia di puskesmas pada kecamatan-kecamatan di Kabupaten Nunukan dapat berjalan sesuai harapan. (Cha) *GZB

Tag:    kesehatan  |  


BERITA TERKAIT

Contoh Iklan

TULIS KOMENTAR

Top